25 Sept 2008

Tips memilih LAPTOP

1. Sebelumnya, tentukan untuk maksud apa anda membeli laptop. Bila untuk grafis dan games, pilih yang speknya bagus. Namun bila hanya untuk ngetik-ngetik doang, ga usah laptop yang high end juga gpp.
2. Tips memilih spek. 
-Prosesor. Berpengaruh dalam me-load suatu proses. Urutan prosesor yang dipilih dari yang bagus ke rendah untuk intel: Core2quad - core2duo - pentium dualcore - atom - celeron m - pentium m. Yang ada logo centrino maksudnya fiturnya lebih optimal untuk mobile. Sedangkan untuk AMD : Turion64 x4 - Turion x2 - athlon - sempron. 
Semakin besar clockspeed semakin cepat processor, tapi semakin boros baterai. Perhatikan pula L2 cache, karena ini amat berpengaruh pada kecepatan processor. Cari L2 cache yang besar.
-RAM. Berpengaruh pada kecepatan dan kemampuan menangani banyak proses sekaligus (multitasking). Pilih yang paling besar (min 1gb) agar tidak ada gangguan/lag.
-Harddisk. Untuk penyimpanan data. Pilih yang kapasitasnya besar (diatas 100gb) dengan kecepatan rotasi 7200 rpm
-Optical Drive. Pilih yang DVDRW multi. Kalau ada yang HD DVD atau blueray.
-Layar. Pilih yang resolusinya tinggi dan diutamakan yang ber-fitur tambahan (misalnya crystalbright)
-VGA. Untuk gamer dan grafis  pilih yang NVdia 8600 keatas dengan RAM 256 (tapi gak mesti NVdia). Untuk menengah bisa pilih yang onboard intel (GMA 900 atau x3100).
-Wifi. Harus ada, yang chipsetnya intel lumayan bagus. klo bisa yang wifi 802.11 a/b/g/n
-interface lain. Perhatikan ketersediaan USB, port VGA, Express Card/PCMCIA, firewire, LAN, Mic+speaker, cardreader.
-fitur tambahan. Cukup berguna. Kalau bisa ada semua. Yaitu webcam, bluetooth, infrared, fingerprint, HDMI, 
3. Seberapa mobile-kah anda? Untuk yang benar-benar mobile, pilihe laptop yang ringan, klo bisa yang beratnya dibawah 2 kg. Pilih pula yang paling hemat energi.
4.Seberapa pedulikah anda dengan merek? Bila memang ingin yang bermerek bagus, bisa memilih Compaq, Lennovo (IBM), Toshiba, BenQ, Apple (untuk yang Mac) Acer. Untuk yang budgetnya banyak bisa memilih Fujitsu, Dell. Merek lokal juga bagus seperti Zyrex, AXIOO, ION, Byon, Forsa, Dll.
5. Tanyakan tentang keleluasaan mengupgrade. Berguna untuk masa depan.
6. Garansi paling minimal 1 tahun.
7. Sebagai tambahan, pilih ukuran paling tipis dengan model yang sesuai selera dan bahan casing dengan material yang bagus.
Semoga berguna,,,

1 comment:

  1. keep posting..

    wah, kalah lagi nih hit counter gue chok..

    ReplyDelete