20 Oct 2008

Apakah virus dari komputer bisa menular ke handphone?

Membicarakan masalah information security memang tidak ada habis-habisnya. Virus komputer yang banyak bertebaran pasti cukup membuat anda pusing. Lalu ditambah lagi virus yang bertebaran dan menyerang handphone.
Mengapa virus bisa ada di handphone? Apakah semua handphone bisa terkena virus?
Virus bisa menyerang suatu perangkat dengan sistem operasi terbuka (hanya merupakan istilah saja, bertujuan untuk membedakan bahwa ada sistem operasinya). Yang dimaksud sistem yang terbuka yaitu seperti Windows dan Linux pada komputer serta Symbian, Windows mobile, dan linux mobile pada handphone. Sedangkan sistem yang tertutup/tanpa sistem operasi seperti handphone-handphone Sony Ericson, Nokia dll dengan tipe non-Smartphone. Sistem operasinya bawaan pabrik.
Apakah ada kemungkinan virus komputer menular ke handphone?
Jawabannya tidak. Mengapa? Virus dibuat untuk dijalankan pada platform sistem operasi tertentu. Misalnya : virus untuk windows akan berjalan dan menginfeksi komputer windows, dan tidak akan jalan di Linux. Handphone dan Komputer memiliki platform yang berbeda. Jika pada handphone, virus yang banyak bertebaran adalah pada platform Symbian. virus ini akan menyebar ke handphone Symbian lainnya. Contoh: Ada virus komputer bernama cvlu.exe. extension exe adalah ciri file executable pada windows. Jadi bila ada file cvlu.exe di platform symbian, maka file tersebut tidak akan berfungsi, bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.
Yang sering terjadi adalah komputer digunakan untuk menyebarkan virus di handphone.
Kalau yang ini mungkin. Sebab, banyak orang yang menyebarkan virus untuk HP melalui komputer. Dengan bermodalkan bluetooth, si pengirim akan mengirim virus ke HP-Hp yang bluetoothnya menyala menggunakan komputer. Intinya, resiko virus dari komputer ke handphone tetap ada, tetapi tidak secara langsung. Cara paling mudah ya dengan pencegahan.

3 comments:

  1. Makasih buat infonya.. Aku jadi tau kalo handphone gak bisa nularin virus ke komputer.. Soalnya aku sering tukar data ke komputer..

    ReplyDelete
  2. Iya, Sama2... MAkasih udah mampir

    ReplyDelete
  3. Wah, harus hati-hati nih.. :D

    Intinya biarpun virus komputer tidak aktif di platform handphone, harus tetap hati-hati dong...

    ReplyDelete