3 Oct 2008

Bedanya handphone normal dan black market (BM)

Mungkin banyak yang sudah tau tentang banyaknya handphone bm/black market yg beredar di pasaran. Bagi yang belum tahu, handphone BM adalah handphone yang datangnya dari jalur yang tidak resmi, misalnya selundupan dll. Tentu saja harga dari hp ini lebih murah. Perbedaan harganya cukup jauh.
berikut isi yang saya dapatkan pada sebuah HP BM berdasarkan pengalaman membeli SE k608i:
-Dus (kondisinya normal, plastik press rapi dan segel)
-Handphone
-Charger
-Headset Lantas, apa bedanya hp bm dengan hp normal yang beredar di pasaran? 1. Handphone black market tidak memberikan garansi resmi seperti pada handphone normal. Kalaupun ada, yaitu garansi distributor (toko penjual), sehingga kurang terjamin. Garansi distributor merupakan ciri utama handphone blackmarket. Jadi, bila ada penjual handphone memberikan garansi distriutor, bisa-bisa.....
2. Handphone Black Market minus kabel data dan CD software.
3. HP BM memiliki kualitas casing yang buruk, mengapa? Seperti yang saya alami, casing HP saya cepat sekali rusak. Kemungkinan casinngnya low quality atau memang palsu.
4. Aksesoris seperti headset dan charger made in china. Indikiasi non original.
5. Di balik casing HP BM tidak ada stiker hologram asal produsen seperti pada 
hp original kebanyakan.
6. HP ini tidak dijual secara terang-terangan.
Selebihnya, seperti kondisi layar, fitur-fitur bawaan, suara, kamera dll sama dengan handphone resmi.
Jadi, bila anda ingin membeli handphone, telitilah sebelum membeli. Bila memang anda ingin membeli HP blackmarket, maka paling tidak anda tahu seperti apa HP black market sebenarnya, sehingga anda tidak kaget menerima resikonya. Namun bila anda ingin membeli HP resmi, maka hindari ciri-ciri yang saya sebutkan diatas.
Semoga membantu!

8 comments: