23 May 2009

Materi dan Antimateri - Angels and Demon

Huh.. Gara-gara habis nonton Angels and Demons (Review menyusul), gw jadi penasaran sama antimateri (sedikit norakk). Anti materi itu lawannya materi. Jadi, kalau materi dan anti materi bertemu, yang terjadi adalah keduanya saling meniadakan. Katanya, antimateri bisa menjadi senjata pemusnah masal. Prosesnya seperti teori awal terjadinya bumi (big bang). Sebenarnya ada gak sih antimateri??? Menurut yang gw liat dari wikipedia sih begini:

Antimateri adalah materi yang terdiri dari antipartikel dari partikel yang menyusun materi biasa. Bila sebuah partikel dan antipartikelnya menyentuh satu sama lain, keduanya saling memusnahkan, artinya keduanya diubah menjadi partikel-partikel lain dengan energi yang sama menurut persamaan Einstein E=mc².

Antimateri tidak ditemukan secara alami di bumi, kecuali hanya dalam waktu sangat singkat dan dalam jumlah sangat sedikit (karena peluruhan radioaktif atau sinar kosmik).

Kalo dilihat dari sisi keagamaan, di Al-Qur'an tersurat;
Maha Suci Yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi, dan dari dalam diri mereka dan dari apa yang tidak mereka ketahui (36:36). Laki-Laki vs Perempuan Dingin vs Panas Hidup vs Mati Materi Vs Antimateri
Kalo yang gw pikir sih, antimateri itu memang ada, tetapi gak bisa diselidiki oleh manusia. Logikanya begini, antimateri akan meniadakan materi. Manusia bisa disebut materi atau suatu yang berwujud. Jadi, manusia gak bisa bikin antimateri karena kalo ketemu, ya manusianya ilang. (Bener gak sih?? Kok gw jd sotoy sendiri...) Intinya, Allah memang Maha Besar, Penguasa Segalanya dan Maha Tau. Kita hanya makhluk-Nya yang kecil dan lemah. Referensi: 1, 2, 3

No comments:

Post a Comment